loading...

Cara Memotivasi diri agar tidak gagal

Assalamu'alaikum Wr Wb
Motivasi adalah Dorongan seseorang untuk bertindak. Orang yang tidak mau bertindak sering disebut orang yang tidak memiliki motivasi. Dorongan itu bisa datang dari diri sendiri maupun dari orang lain, motivasi sebenarnya datang dari diri sendi bukan dari orang lain, orang lain hanyalah faktor pemicunya saja.
Motivasi diri adalah sebuah kemampuan kita untuk memotivasi diri kita tanpa memerlukan bantuan orang lain. Setiap orang memiliki keinginan yang merupakan dorongan untuk bertindak, namun seringkali dorongan itu lemah dikarenakan oleh faktor luar, bisa dilihat dari hilangnya harapan dan ketidak berdayaan.
Memotivasi diri adalah proses menghilangkan faktor yang melemahkan dorongan kita. Rasa tidak berdaya dihilangkan menjadi pribadi yang lebih percaya diri, sementara itu harapan muncul dengan membangun keyakinan kita untuk mencapai keinginan yang kita inginkan.
Membangun impian adalah salah satu cara memotivasi diri sendiri. Membangun impian bisa tidak berguna jika hambatan pada diri sendiri masih ada, inilah penyebab orang banyak tidak mau bermimpi, karena ada faktor yang belum diselesaikan yaitu faktor keberdayaan. sebaiknya sebelum membangun mimpi kita harus terlebih dahulu membangun rasa kepercayaan diri, jika tidak membangun impian hanya percuma saja, buat apa bermimpi yang besar jika tidak percaya diri untuk mencapainya.
Motivasi memiliki peran yang sangat besar dalam hidup ini, ketika motivasi kita kuat maka target kita akan tercapai, jika motivasi kita lemah maka kegagalan yang akan kita temui. Motivasi itu memompa semangat kita dalam bertindak, semua tindakan harus disertai dengan motivasi yang kuat untuk mendapatkan keberhasilan.
Ketika kita memiliki motivasi untuk bertindak, tentu ada penghalang dari motivasi itu sendiri, tidak akan berjalan dengan lurus saja ketika menempuh suatu perjalanan, tentu ada belokan, tanjakan dan segala macam yang membuat perjalanan kita akn terhambat, begitu juga dengan halnya motivasi,  ketika kita memiliki motivasi untuk bertindak maka ada saja penghalangnya.
penghalang motivasi diantaranya yaitu :
1. Energi negatif, energi negatif ini atau disebut emosi negatif ini sering kali kita alami ketika hendak bertindak, ketika kita susah mengontrol diri maka tindakan pun tidak terarah, seseorang yang telah dikuasai oleh energi negatif pada dirinya maka hasilnya juga akan negatif, hal ini lah penghambat kita untuk bertindak.
2. Rendah diri, Sering kali orang hilang motivasi dirinya untuk bertindak karena memiliki rasa rendah diri, dia akan tidak yakin dengan semua tindakan yang dilakukannya, sikap rendah diri telah membuatnya gagal untuk bertindak, tidak percaya akan kemampuannya dan selalu menerima energi negatif dari orang lain, rendah diri selalu menjadi penghambat untuk bertindak.
3. Kebingungan merupakan penghambat orang tidak memiliki motivasi, ia tidak tahu apa yang harus ia kerjakan, bingung dengan kehidupannya dan pasrah dengan keadaan yang dia alami, motivasi ada karena tujuan ada, jika anda tidak memiliki tujuan atau anda kebingungan maka anda tidak pernah memiliki motivasi untuk bertindak. kebingungan memiliki motivasi untuk bertindak.

Cara membangkitkan motivasi kita setelah gagal, kita harus melakukan cara yaitu :
1. Menguatkan arah, Kuatkan arah motivasi kita untuk memperjelas tujuan dalam bertindak, jangan sampai tindakan kita tidak memiliki hasil, kita harus menetapkan tujuan yang jelas, kemudian arahkan motivasi kita untuk mengejar tujuan dan menghindari segala bentuk kegagalan.
2. Menghilangkan penghambat, setelah kita membangkitkan arah maka yang harus kita lakukan selanjutnya menghilangkan hambatan, jangn sampai hambatan menghalangi motivasi kita untuk bertindak, hilangkan semua penghambat, semua energi negatif, sikap rendah diri dan kebingungan yang ada didalam diri kita.
3. Mudah dan cepat, percepat dan permudahlah segalanya, jangan menunda-nunda tindakan kita, ketika motivasi sudah kuat maka segeralah bertindak, jangan pernah mengulur-ulur waktu, karena energi-energi negatif selalu membayangi kita dan menakut-nakuti kita, sehingga motivasi kita menjadi hilang. janganlah pernah menunda-nunda. Banyak kegagalan hidup berasal dari orang-orang yang tidak menyadari bahwa mereka sudah sangat dekat dengan keberhasilan dan mereka menyerah.
Demikianlah cara memotivasi diri sendiri agar tidak gagal, Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Wr Wb

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Memotivasi diri agar tidak gagal"

  1. Semoga dengan membaca artikel Agan akan banyak pribadi-pribadi yang termotivasi dan memiliki semangat tinggi dalam mengejar mimpinya... :) Amin. Nice post Gan :)
    Pun bila patah semangat apalagi dalam hal keuangan, wajib cek ini nih...
    tips stabilkan keuangan

    ReplyDelete