loading...

BERDOA MERUPAKAN BIG BANG SPIRITNYA MANUSIA

Assalamu'alaikum Wr Wb      
Manusia telah diberikan oleh Allah kebebasan untuk belajar dan mencari metode yang terbaik buat dirinya untuk lebih dekat berkomunikasi dengan Allah. 
Contoh dari berkomunikasi dengan Allah adalah berdoa, tawakal, taubat, sabar dan sebagainya.

Marilah kita ambil konsep berdoa sebagai contoh dalam berkomunikasi yang non formal. Berdoa pada hakikatnya adalah upaya manusia untuk berkomunikasi kepada atasan langsung yaitu Tuhan. Tuhan hanya membuat patokan umum dalam masalah doa itu dan manusialah yang mengolahnya untuk lebih pas dan merasa dekat dengan Tuhan.

Diberikan oleh Allah kebebasan dalam masalah ini adalah karenakan problema manusia dalam waktu yang sama sekalipun, pastilah berbeda-beda, seiring dengan berbeda-bedanya watak personal dan pola hidup manusia itu sendiri. Jadi berdoa dalam ajaran umat Islam merupakan lembaga budi yang mesti dibiasakan manusia untuk mendapatkan hakikat hidup yang bermakna dan berarti dihadapan Allah dan manusia itu sendiri akan merasakan manfaat yang besar dari jenis komunikasiini.
Berkomunikasi kepada Allah dengan cara kekuatan doa adalah suatu keniscayaan yang sulit untuk dirilkan secara fisik, namun ia menjadi sumber kekuatan yang sangat dahsyat sekali dalam kehidupan umat manusia.
dikatakan sebagai kekuatan yang dahsyat, karena doa merupakan big bang spirit (ledakan-ledakan spirit) yang sangat mengagumkan , karena doa dapat berfungsi sebagai :
1. Doa merupakan ibadah kepada Allah. Rasulullah SAW mengatakan dalam riwayat Tarmizi yaitu do'a itu adalah sumsumsnya (intisari) dari ibadah.
2. Doa merupakan ikthiariyah atau usaha yang bersifat bathiniyah.
3. Doa mencegah diri dari bersifat sombong, angkuh dan takabur.
4. Doa mencegah diri dari sikap putus asa terutama ketika keinginan kita belum tercapai atau belum terkabulkan.
5. Doa sebagai bukti pengakuan terhadap adanya Allah serta bukti ke Maha Besarnya Allah SWT.
6. Doa sebagai media penenangan bathin dari berbagai dilema kehidupan, karena Allah telah menjanjikan bahwa hanya dengan mengingat Allah-lah hati manusia akan bisa tenang ( Q.S. Ar Ra'd ayat 28 ).
Demikianlah fungsi doa yang menjadi big bang (spirit) untuk kita semuanya. Semoga bermanfaat, dan dapat kita amalkan.
Wasalamu'alaikum Wr Wb




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERDOA MERUPAKAN BIG BANG SPIRITNYA MANUSIA"

Post a Comment