loading...

Nama lain dari surah Al-Fatihah dan keistimewaan surah Al-Fatihah

Surah al-fatiha adalah surat pembuka al-qur’an yang mana surat ini letaknya di awal, menjadi surah yang wajib dibaca di setiap shalat. Surah ini juga menjadi pembuka mushaf Al-Qur’an, sehingga ia dinamakan surah Al-Fatihah yang artinya surah pembuka. 
 

Imam Al-Qurthubi yang menyebutkan bahwa surah Al-Fatihah memiliki 12 nama sebagai berikut :
  1. As-Shalah. Hal ini didasarkan pada hadis qudsi. Aku bersumpah Al-Fatihah (ini) antara aku dengan hambaKu dua bagian. (HR. Muslim)
  2. Al-Hamdu. Hal ini disebabkan karena di dalam surah Al-Fatihah disebutkan kata Al-Hamdu (segala pujian).
  3. Ummul Qur’an, menurut jumhur ulama. Hal ini disebabkan karena Nabi saw. bersabda, “Alhamdulillah adalah ummul Qur’an (induknya Al-Qur’an), Ummul kitab (induknya kitab), dan Assab’ul matsani (tujuh yang diulang-ulang).” (HR. At-Tirmidzi)
  4. Ar-Ruqyah, karena Nabi saw. pernah bersabda kepada seseorang yang telah meruqyah pemimpin desa dengan surah Al-Fatihah, “Bagaimana engkau tahu bahwa surah Al-Fatihah adalah ruqyah?”
  5.  Fatihatul Kitab (pembuka kitab). Hal ini disebabkan karena surah Al-Fatihah adalah cara untuk membuka membaca Al-Qur’an, baik secara lafadz maupun tulisan. Surah Al-Fatihah juga sebagai pembuka semua shalat.
  6. Al-Matsani, karena diulang-ulang setiap shalat.
  7. Al-Qur’an Al-Adzim. karena Al-Fatihah mengandung semua ilmu Al-Qur’an Nabi saw. bersabda, “Fatihahnya kitab adalah obat untuk setiap racun.” (HR. Ad-Darimi)
  8. Ummul Kitab, menurut jumhur ulama.
  9. Al-Asas, didasarkan pada perkataan Ibnu Abbas, “Asas (pondasi)nya kitab-kitab adalah Al-Qur’an, asasnya Al-Qur’an adalah Al-Fatihah, dan asasnya Al-Fatihah adalah bismillahirrahmanirrahim.”
  10. As-Surah. Yakni bagain dari Al-Qur’an yang tersusun dari tiga ayat atau lebih. Demikianlah nama-nama dari surah Al-Fatihah, dan yang paling masyhur adalah nama Al-Fatihah, Ummul kitab dan As-Sab’ul Matsani. Wa Allahu A’lam bis Shawab. 
  11.  Al-Kafiyah (Cukup), karena cukup membaca surah Al-Fatihah tanpa surah yang lain, namun surah yang lain tidak cukup tanpa surah Al-Fatihah.
  12. Al-Wafiyah (lengkap). Surah Al-Fatihah tidak boleh dibaca setengah-setengah di dua rakaat menurut jumhur ulama’, harus dibaca lengkap satu surah di setiap rakaat.
Sedangkan Jumlah huruf yang ada dalam surah al-Fatihah adalah 139 huruf, yang terangkai dalam 25 kata. Adapun unsur-unsur pokok yang terdapat dalam al-Fatihah adalah cerminan dari isi Alquran, sebagaimana al-Fatihah yang menjadi inti dari Alquran. Beberapa unsur pokok tersebut adalah tentang keimanan, hukum dan kisah-kisah.

Ada banyak rahasia dan keistimewaan surah al-Fatihah, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw;   “jika kita punya suatu hajat apapun, surah Al-Fatihah bisa menjadi perantara untuk hajat tersebut”. Dan hal ini tentu saja sudah masyhur dalam tradisi umat Islam, khususnya di kalangan kelompok Aswaja dan para pengikut tasawuf.

keistimewaan surah al-Fatihah. Dimana bacaan Al-Fatihah menjadi perantara dalam menyembuhkan penyakit seseorang, dengan ditambah oleh obat-obatan herbal yang selalu dilakukan oleh Rasulullah saw untuk mengobati dirinya sendiri atau orang lain.

Keistimewaan lain dari surah al-Fatiha yang tidak ada di dalam surah-surah lainnya dalam Al-quran, al-Fatihah menjadi syarat sah dan tidak sahnya salat seseorang. Karena surah al-Fatihah adalah rukun dari shalat, jadi tidak sah shalat seseorang tanpa adanya Al-Fatihah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nama lain dari surah Al-Fatihah dan keistimewaan surah Al-Fatihah"

Post a Comment