loading...

Pendidikan Karakter





Pengertian Pendidikan Karakter
Pendidikan adalah proses internalisasi budaya kedalam diri seseorang dan masyarakat sehingga orang dan masyarakat menjadi beradab. Penidikan bukanlah merupakan sarana tsransfer ilmu pengetahuan saja, akan tetapi lebih luas lagi sebagai sarana pembudayaan dan penyaluran nilai (enkulturisasi dan sosialisasi). Anak harus mendapatkan pendidikan yang sangat dasar, ada tiga dimensi kemanusiaan yang harus anak-anak ketahui, yaitu :
1. Afektif  yaitu yang tercemin pada kualitas keimanan, ketakwaan, akhlak yang mulia dan termasuk budi pekerti yang luhur serta kepribadian yang unggul dan kompetensi estesis.
2. Kognitif  yaitu yang tercermin pada kapasitas pikiran dan daya intelektualitas gunanya untuk menggali dan mengembangkan  serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Psikomotorik yaitu yang tercermin pada kemampuan mengembangkan keterampilan teknis, kecepatan praktis, dan kompetensi kinestetis.
      Sedangkan Pengertian Krakter yaitu, menurut Pusat Bahasa Depdiknas adalah: bawaan hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, prilaku personalitas, sifat tabiat, temparamen, watak.
adapun berkrakter adalah berkebribadian, berprilaku, bersifat, bertabiat, dan berwatak.
     Pendidikan Krakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada murid-murid sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Dan didalam pendidikan karakter disekolah semua komponen harus dilibatkan, komponen-komponen itu adalah isi kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian, penanganan atau pengelolaan mata pelajaran, pengelolaan sekolah, pengelolaan aktifitas atau kegiatan ko-kurikuler, pemberdayaan sarana prasarana, pembiayaan, dan etos kerja seluruh Guru sekolah atau yang ada di lingkungan sekolah.
    Disamping ini pendidikan karakter dimaknai sebagai suatu prilaku Guru sekolah yang dalam penyelenggaraan pedidikan harus berkarakter untuk mengajari murid-muridnya.
Demikianlah sekilah ilmu mengenai Pendidikan Karakter, semoga bermanfaat untuk yang mambaca blog saya ini, dan jangan lupa like nya...
Terimakasih.....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendidikan Karakter"

Post a Comment