loading...

TEKNOLOGI INFORMASI


Selamat Malam Sahabat Dowerr, malam ini saya ingin berbagi kepada sahabat-sahabat tentang Teknologi Informasi, langsung saja liat di bawah ini sahabat Dowerr...
        
         Teknologi informasi (Information Technology) biasa disebut TI, IT atau infotech.
Berbagai definisi tentang informasi diberikan dibawah ini :
Teknologi informasi menurut Haag dan Keen adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemerosesan informasi.
        Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan meyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. 
       Teknologi informasi menurut Martin adalah teknologi yang menggabungkan komputasi dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video. Dari definisi diatas terlihat bahwa teknologi informasi baik secara implicit maupun eksplisit tidak sekedar berupa teknologi computer, tetapi juga mencakup telnologi telekomunikasi. Dengan kata lain yang disebut denga teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi computer dan teknologi telekomunikasi.

Yang mendasari teknologi informasi yaitu :
1.  Teknologi computer yaitu teknologi yang berhubungan dengan computer, terdiri dari input device, proses device, outputdevice dan storage device. Komputer merupakan mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi inofrmasi. 
Program adalah sederetan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer hingga computer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya. 
Data adalah bahan mentah bagi computer yang dapat berupa angka/huruf maupun gambar, sedangkan informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambilan keputusan.

2. Teknologi komunikasi, yaitu teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Termasuk dalam kategori teknologi ini adalah telepon, radio, dan televisi. Perlu diperhatikan bahwa computer tidak harus berupa seperti PC yang anda jumpai dirumah atau kantor, tetapi juga bisa berupa peralatan-peralatan yang lain seperti microwave, remote untukTV, Ponsel dan CD player. Peralatan seperti itu pada masa kini bergantung pada computer dalam bentuk Chip yang disebut mikroprosesor.

Pengelompokan Teknologi Informasi
Teknologi informasi mencakup teknologi computer dan teknologi komunikasi. Lebih rinci, teknologi informasi dapat dikelompokkan menjadi 5 teknologi yaitu :
1. Teknologi Input yaitu teknologi yang berhubungan dengan perlatan untuk memasukkan data kedalam system computer. Seperti keyboard dan mouse.

2.  Teknologi keluaran (output teknologi) yaitu teknologi yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan system. Contoh Layar atau monitor, printer, LCD.

3. Mesin Pemroses lebih dikenal dengan sebutan CPU, mikroprosesor atau processor. Contoh yang terkenal saat ini adalah PENTIUM .

4. Teknologi peyimpanan dibedakan atas dua kelompok yaitu memori internal dan memori eksternal. Internal memori berfungsi sebagai pengingat sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Contoh ROM dan RAM. Sedangkan Exkternal memori yaitu segala piranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanent. Contoh Harddisk, disket dan pen disk

5. Tekonologi Software, yaitu deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer sehingga computer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya/user. Contoh Microsoft word untuk menbuat dokumen. Adobe photoshop.
            Demikian sekilas pembahasan tentang Teknologi Informasi pada malam ini, Selanjutnya kita bahas di pertemuan selanjutnya..
Salam Sahabat Dowerr :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEKNOLOGI INFORMASI"

Post a Comment